Perawatan Gigi Susu Pada Anak

Mempunyai anak dengan gigi yang sehat dan rapi merupakan salah satu impian hampir semua orang tua. Namun tenyata mempunyai anak dengan gigi sehat dan rapi adalah gampang-gampang susah.

Pada umumnya gigi susu pada anak-anak sangat rentan terhadap karies atau gigi berlubang. Karies inilah yang menjadi salah satu penyebab keluhan sakit gigi pada anak.

Karies pada anak-anak seringkali disebabkan oleh pola makan dan kurangnya sikat gigi dengan bersih. Sehingga sisa-sisa makanan menempel pada gigi dan berujung pada kerusakan gigi. Karena gigi pada anak-anak adalah gigi susu, maka kerusakan juga akan lebih cepat.

Jika karies terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah dan tak jarang akan menyebabkan infeksi pada gusi. Dengan keadaan seperti itu biasanya akan menyebabkan sakit gigi.

Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus sabar dan telaten dalam mengajarkan anak untuk merawat giginya. Selain itu kita juga harus tetap mendampingi anak dalam melakukan sikat gigi. Dan mengajarkan anak untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi sedini mungkin.

Jika sudah terbiasa ke dokter gigi sedini mungkin, maka anak tidak akan takut lagi. Meskipun ke dokter gigi hanya untuk pemeriksaan gigi tanpa adanya tindakan preventif, itu adalah salah satu cara untuk mengajarkan anak tentang merawat gigi yang baik.

Jadi jika suatu saat nanti diperlukan tindakan, maka anak tidak akan takut lagi dan mungkin tidak menangis. Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter gigi pada anak antara lain adalah :

  1. Pembersihan plak
  2. Penambalan gigi
  3. Pemberian fluoride untuk mencegah gigi berlubang
  4. Pencabutan gigi