Memilih Behel Gigi Yang Nyaman Tanpa Sakit dan Ngilu

  • by
behel self ligating tanpa sakit

Penggunaan behel atau kawat gigi untuk merapikan gigi yang tidak rata saat ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia karena seiring kesadaran tentang estetika wajah dan mulut. Semakin banyaknya penggunaan behel atau kawat gigi ini tidak lepas dari trend yang sedang berkembang dan perkembangan media digital yang bisa memberikan informasi lebih mudah tentang behel atau kawat gigi.

Selain faktor trend dan informasi, penggunaan behel atau kawat gigi juga dipengaruhi oleh banyaknya pilihan jenis dan harga pemasangan behel atau kawat gigi yang semakin terjangkau oleh masyarakat. Namun masih banyak masyarakat yang lebih mementingkan behel atau kawat gigi yang murah tanpa mempedulikan kualitas maupun manfaat yang didapat.

Padahal seringkali setelah pemasangan behel atau kawat gigi terdapat beberapa keluhan seperti rasa sakit atau ngilu pada gigi yang menyebabkan susah dalam mengunyah makanan. Selain rasa sakit atau ngilu biasanya pengguna behel atau kawat gigi juga dihadapkan pada bracket yang sering lepas akibat mengunyah makanan yang tidak benar.

Untuk mengatasi masalah penggunaan behel atau kawat gigi yang sakit atau ngilu sebenarnya sudah ada teknologi yang lebih baik, yaitu dengan memakai jenis behel atau kawat gigi self ligating. Sedangkan masalah bracket yang sering lepas itu biasanya selain akibat mengunyah makanan yang tidak benar, juga akibat penggunaan merk behel atau kawat gigi yang kurang berkualitas.

Behel atau kawat gigi self ligating merupakan salah satu behel atau kawat gigi yang nyaman digunakan tanpa rasa sakit atau ngilu yang berlebihan karena tidak menggunakan karet. Sehingga tidak ada tekanan pada gigi yang menyebabkan rasa sakit atau ngilu. Sebagai gantinya behel atau kawat gigi menggunakan bracket khusus yang mempunyai penyangga khusus untuk menyangga kawat atau wire.

Dalam dunia behel atau kawat gigi ada beberapa merk yang sangat terkenal, yaitu Ormco dan American Ortho. Merk Ormco mempunyai behel atau kawat gigi self ligating yang dikenal dengan behel Damon. Sedangkan merk American Ortho mempunyai behel atau kawat gigi self ligating yang dikenal dengan behel Empower. Kedua merk behel atau kawat gigi tersebut merupakan merk dengan kualitas terbaik di dunia. Sehingga secara harga pasti lebih mahal sedikit dibanding merk behel atau kawat gigi yang lain.

Penggunaan merk Ormco dan American Ortho karena mempunyai kualitas terbaik pasti lebih baik dibanding merk lain yang lebih murah. Beberapa contoh yang membedakan dengan merk lain adalah bracket yang tidak mudah lepas seperti halnya merk lain yang lebih murah dan waktu yang dibutuhkan untuk merapikan gigi lebih cepat jika dibandingkan dengan merk lain yang lebih murah.

Oleh karena itu sebelum menggunakan behel atau kawat gigi sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi seperti apa yang anda inginkan. Misal anda ingin menggunakan behel atau kawat gigi yang tidak sakit, bracket yang tidak mudah lepas dan waktu yang dibutuhkan untuk merapikan gigi lebih singkat.