Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang telah rusak. Selain itu gigi tiruan atau gigi palsu juga berfungsi untuk mencegah pergeseran gigi dan perubahan tulang rahang. Secara umum berfungsi untuk mengunyah makanan dan untuk estetika. Karena berfungsi untuk mengunyah dan estetika maka pembuatannya selain harus kuat, tetapi juga harus dibuat seperti gigi asli baik warna maupun bentuknya. Sehingga orang yang memakainyapun menjadi nyaman, begitu pula dengan orang lain yang melihat tidak akan tahu jika itu adalah bukan gigi asli.

Beberapa jenis yang umum dipakai adalah

  1. Gigi palsu lepasan
  2. Gigi palsu jaket (mahkota)
  3. Gigi palsu permanen dengan sistem implan

1. Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu jenis ini didesain agar pemakai bisa dengan mudah melepask dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau orang lain. Sehingga pemakai jenis ini bisa kapan saja melepas gigi palsunya untuk dibersihkan. Biaya pembuatannya termasuk paling murah dibanding jenis yang lain.

Beberapa pilihan bahan yang digunakan, yaitu :

  • Akrilik

Dengan menggunakan bahan akrilik adalah pilihan paling murah, namun mempunyai plat relatif tebal dan ada kawat yang berfungsi untuk mencengkeram ke gigi yang tersisa. Sehingga gigi palsu jenis ini kurang nyaman untuk digunakan. Kisaran biaya untuk jenis ini adalah Rp.400.000,00 (empat ratus ribu rupiah).

  • Valplast

gigi palsu valplastJenis bahan ini tidak menggunakan kawat untuk mencengkeram namun lebih lentur dan tipis dibandingkan dari bahan akrilik. Sehingga lebih nyaman untuk digunakan, namun membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal ketimbang akrilik, yaitu berkisar mulai dari Rp.600.000,00 (enamĀ ratus ribu rupiah).

  • Frame (kerangka logam)

Jenis ini menggunakan plat logam sebagai rangkanya. Karena mempunyai rangka dari logam, plat gigi palsu bisa dibuat sangat tipis sehingga dibandingkan gigi palsu lepasan lainnya, jenis ini paling nyaman digunakan dan paling kuat. Namun biayanya paling mahal diantara gigi palsu lepasan lainnya.

  • Dan lain-lain

2. Gigi Palsu Jaket (Mahkota)

gigi palsu jaket (mahkota)Gigi palsu jaket (mahkota) adalah gigi palsu yang dibuat dan digunakan untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak. Syarat memakai gigi palsu jaket (mahkota) adalah syaraf dan akar gigi masih berfungsi dengan baik. Bentuk gigi palsu jaket menyerupai selongsong yang kemudian disarungkan pada gigi asli.

Biasanya pengguna gigi tiruan ini adalah orang yang mempunyai gigi berlubang atau gigi yang patah. Namun gigi asli tersebut tidak memungkinkan untuk ditambal seperti biasa. Tetapi akar dan syaraf giginya masih baik, jadi sayang jika harus dicabut. Maka solusi yang tepat adalah dengan membungkus gigi asli yang rusak tadi dengan gigi tiruan jaket (mahkota). Untuk biaya pemasangan jenis ini mulai dari Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) hingga beberapa juta rupiah.

3. Gigi Palsu Permanen dengan Sistem Implan

gigi palsu implantSebenarnya ini adalah satu teknologi terbaru dalam pemasangan gigi palsu. Karena bersifat permanen, maka pemasangannya adalah dengan cara menanam ke dalam gusi atau dikenal dengan sistem implan. Karena ditanam ke dalam gusi, maka perlu pembedahan kecil di gusi untuk menanam tadi.

Khusus sistem implan ini perlu beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh orang yang akan menggunakan metode implan ini. Beberapa syarat tersebut adalah kondisi gusi, rahang dan tulang yang sesuai. Sehingga dokter perlu memeriksa secara intensif kondisi tersebut.

Dan untuk masalah biaya, metode sistem implan adalah paling mahal dibanding jenis lepasan atau jaket. Kisaran biaya untuk metode sistem implan ini hingga mencapai belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Semua biaya tadi hanya perkiraan saja tergantung dari bahan yang digunakan dan tempat dimana dokter gigi dan lab pembuatan gigi palsu berada.

Jika anda tertarik atau ingin informasi lebih jelas tentang biaya dan jenis lainnya silahkan hubungi kami atau konsultasikan denganĀ dokter gigi terdekat.

 

5/5 (4 Reviews)
Facebook
Facebook
Google+
Google+
https://doktergigi.id/gigi-palsu">
PINTEREST
PINTEREST
LinkedIn
INSTAGRAM