Gigi Berlubang Jangan Langsung Ditambal Atau Dicabut - DokterGigi.ID

Gigi Berlubang Jangan Langsung Ditambal Atau Dicabut

Tambal gigi Sejak dahulu dan mungkin sampai sekarang masih banyak yang beranggapan bahwa gigi  berlubang atau karies harus segera ditambal atau dicabut, karena gigi yang berlubang adalah penyebab sakit gigi.

Saya tidak membahas lagi penyebab rasa sakit gigi. Namun akan coba saya bahas mengenai tindakan jika gigi berlubang. Pada dasarnya gigi berlubang harus segera ditambal, akan tetapi tidak bisa langsung ditambal begitu saja. Dan jika gigi berlubang sudah rusak juga jangan buru-buru langsung dicabut, karena jika masih memungkinkan bisa dipasang pasak pada saluran akar maupun dengan gigi palsu jenis crown.

Jika gigi berlubang dalam taraf permulaan alias sangat kecil bisa dilakukan pemberian flouride untuk membantu memulihkan enamel gigi yang mengalami kerusakan. Caranya adalah dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi atau bahan lain yang mengandung flouride.

Sedangkan penambalan gigi akan dilakukan jika gigi berlubang telah melampaui pembusukan tahap awal. Penambalan dilakukan dengan pengeboran pada gigi yang telah rusak dan akan ditambal dengan bahan resin komposit yang sewarna dengan gigi asli.

Untuk kerusakan gigi yang telah parah atau gigi rapuh, dokter bisa membuatkan crown gigi untuk mengganti seluruh mahkota gigi asli yang rapuh tersebut. Crown tersebut terbuat dari bahan porcelain, resin, porcelain dengan logam lebur atau bahan lainnya.

Apabila pembusukan gigi telah telah mencapai tahap pulpa atau syaraf yang sudah mati sebaiknya dilakukan pembuangan jaringan syaraf gigi, jaringan pembuluh darah dan daerah yang busuk dibersihkan. Setelah itu baru dilakukan pembuatan crown untuk menghindari pencabutan gigi.

Jika pembusukan sudah dalam tahap parah dan tidak dapat dipulihkan lagi maka mau tidak mau menang harus dilakukan pencabutan gigi. Tetapi setelah cabut gigi pasti akan menimbulkan ruang, sehingga memungkinkan gigi lain bergeser. Jadi sangat disarankan untuk membuat bridge gigi atau rangkaian gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut.

Oleh karena itu untuk mencegah gigi berlubang sebaiknya dilakukan perawatan kesehatan gigi dengan selalu membiasakan membersihkan gigi setelah makan. Serta mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

0/5 (0 Reviews)
Facebook
Facebook
PINTEREST
PINTEREST
LinkedIn
INSTAGRAM