Blog

Trik Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi

anak dokter gigiTidak bisa dipungkiri bahwa ke dokter gigi adalah hal yang paling menakutkan bagi anak kecil. Apalagi semakin ditambahi dengan berbagai cerita menakutkan seperti layaknya anak kecil yang mau disunat. Bahkan beberapa orang tua jika jengkel dengan kelakuan anak kecilnya juga malah menakut nakuti akan membawa anaknya disunat atau ke dokter gigi atau ke kantor polisi.

Hal tersebut di atas akan merepotkan bagi orang tua yang ketika anaknya perlu ke dokter gigi, tetapi sang anak malah takut karena cerita cerita sebelumnya. Lalu bagaimana menyikapinya ? Berikut beberapa trik yang mungkin bisa berguna bagi orang tua.

  1. Mengajak ke dokter gigi sejak dini. Membiasakan membawa anak ke dokter gigi sejak dini, mungkin bisa dilakukan saat anak sudah bisa diajak bicara. Tidak perlu menunggu sampai ada keluhan dengan masalah gigi. Cukup periksa gigi saja sudah cukup untuk melatih anak untuk tidak takut dengan dokter gigi.
  2. Menyampaikan bahwa ke dokter gigi bukan untuk suntik atau cabut gigi. Pada saat akan ke dokter gigi sebaiknya cukup memberi tau sang anak bahwa ke dokter gigi untuk periksa saja, tidak perlu diberi tau apa yang akan dilakukan dokter gigi nantinya. Dan jelaskan bahwa itu hanya dilihat saja oleh sang dokter gigi.
  3. Berikan sesi komunikasi khusus antara anak dan dokter gigi. Pada saat sudah di ruang praktek dokter gigi, sebaiknya biarkan sang anak dan sang dokter gigi untuk berkomunikasi dengan bahasanya agar sang anak mengerti dan tidak takut lagi.
  4. Jangan membiasakan menakut nakuti anak. Ini hal yang menurut saya paling penting, usahakan berhenti untuk menakut nakuti anak. Karena jika sang anak sudah terlanjur takut, maka akan lebih susah untuk membuat anak berani dalam waktu singkat.
  5. Jangan menceritakan hal buruk tentang dokter gigi. Sebaiknya tidak menceritakan hal yang buruk atau sakit pada anak, karena anak pasti akan bertambah takut dan akan menjadi pembenaran pada persepsinya bahwa ke dokter gigi itu sakit.
  6. Memberikan pujian pada sang anak yang sudah berani ke dokter gigi. Dan jangan lupa untuk memberi pujian pada sang anak bahwa dia adalah anak pemberani karena tidak takut.

 

 

Efek Setelah Cabut Gigi

Setelah dilakukan pencabutan gigi, pasti ada rongga atau sela diantara gigi atau yang biasa dikenal dengan istilah ompong. Dengan kondisi ompong tersebut selain mengganggu penampilan atau estetika, juga membuat tidak nyaman dalam berbicara maupun mengunyah makanan.

Selain dampak yang mengganggu di atas, ada dampak lainnya yang ditimbulkan dan mungkin jarang disadari oleh kebanyakan orang, yaitu pergeseran gigi dan perubahan terhadap tulang rahang. Sehingga bisa membuat susunan gigi yang masih utuh bergeser atau bahkan miring, sedangkan perubahan terhadap tulang rahang bisa menyebabkan perubahan terhadap bentuk wajah.

Jika sampai gigi bergeser atau bahkan miring, maka untuk merapikan lagi ke posisi semula akan menjadi sulit. Salah satu cara untuk merapikan gigi yang sudah bergeser tadi adalah dengan penggunaan behel gigi. Dan penggunaan behel gigi juga tidak murah dan perlu waktu yang tidak sebentar, apalagi jika usia sudah tidak muda lagi.

Karena dampak yang ditimbulkan tersebut di atas, maka sebaiknya gigi yang sudah dicabut atau sudah hilang harus segera diganti dengan gigi tiruan atau gigi palsu. Sehingga tidak ada lagi ruang yang kosong antar gigi akibat gigi yang dicabut atau hilang. Dan pergeseran gigi maupun perubahan tulang rahang bisa dicegah.

Penggunaan gigi tiruan atau gigi palsu memang tidak bisa menggantikan fungsi gigi asli secara 100%, namun gigi tiruan atau gigi palsu masih lebih baik dibanding tidak menggunakan sama sekali.

Kesimpulannya adalah setelah cabut gigi, sangat disarankan untuk menggunakan gigi tiruan atau gigi palsu meskipun itu tidak wajib.

 

Jenis Behel Gigi

behel gigi

Behel gigi atau kawat gigi sudah dikenal luas oleh masyarakat karena bentuknya, yang digunakan untuk merapikan gigi dan memperbaiki lengkung rahang serta memperbaiki fungsi pengunyah.

Namun banyak diantara masyarakat yang menganggap bahwa fungsi behel gigi adalah untuk menunjang penampilan (fashion) semata. Sehingga tidak sedikit yang memasang behel gigi untuk tujuan “fashion” tersebut secara asal, bahkan dipasang dengan bantuan teman yang bermodal melihat “youtube”. Padahal metode pemasangan seperti ini sangat beresiko untuk merusak kerapian gigi maupun lengkung rahang. Sehingga sangat disayangkan jika sebelum memasang behel gigi, giginya yang rapi malah menjadi berantakan setelah memasang behel gigi secara asal. Bahkan ada beberapa kasus menyebabkan perubahan bentuk gusi dan rahang.

Jadi sangat disarankan jika mau memasang behel agar dilakukan oleh dokter gigi yang ahli dibidangnya. Karena ada prosedur yang harus dilakukan sebelum maupun setelah pemasangan behel gigi. Sehingga resiko seperti yang dijelaskan di atas tadi bisa dihindari.

Behel gigi berdasarkan penggunaannya terbagi menjadi 2 (dua), yaitu behel permanen dan behel lepasan. Behel permanen adalah behel gigi yang dipasang melekat secara permanen dan akan dilepas setelah tujuan pemasangan behel gigi tercapai. Sedangkan behel lepasan adalah behel gigi yang bisa dilepas dan dipasang seketika sesuai kebutuhan pasien, misalnya adalah pada saat sikat gigi ataupun makan.

Behel Permanen

Jenis behel ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  1. Behel Metal

Behel metal ini adalah salah satu behel gigi yang paling populer digunakan dengan ciri karet warna-warni. Behel ini meliputi bracket dan kawat/wire yang terbuat dari bahan metal anti karat dan karet yang berwarna-warni untuk mengikat kawat pada bracket. Jenis behel gigi ini paling populer salah satunya karena paling murah, rentang harga adalah dimulai dari Rp.3.000.000,-. Harga tersebut tergantung dari merk yang digunakan dan lokasi dokter berada.

  1. Behel Ceramic

Behel ceramic ini hampir sama dengan behel metal. Yang membedakan adalah warna bracket dan kawat/wire menyerupai warna gigi, dan bahan yang digunakan untuk bracket adalah dari ceramic. Behel ini lebih mahal dari behel metal, karena memang bahannya lebih bagus dari behel metal. Rentang harganya dimulai dari Rp.5.500.000,- dan bisa saja lebih mahal karena merk dan lokasi dokter berada.

  1. Behel Lingual

Behel lingual adalah behel gigi yang meliputi bracket dan kawat/wire yang dipasang pada permukaan gigi bagian dalam. Sehingga behel lingual ini tidak terlihat dari luar. Keterangan lebih lanjut tentang behel  lingual bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya.

  1. Behel Self Ligating

Behel self ligating adalah behel gigi permanen yang paling nyaman digunakan dan tidak sakit. Karena pergerakan behel ini berbeda dengan behel gigi lainnya, sehingga rasa sakit lebih minim. Keterangan lebih lanjut tentang behel self ligating bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya.

Behel Lepasan

Jenis behel ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  1. Retainer

Retainer adalah jenis behel lepasan yang biasanya digunakan untuk tetap menjaga kerapian gigi setelah behel permanen dilepas. Retainer juga biasanya digunakan pada anak-anak sebagai perawatan ringan agar gigi tetap rapi.

  1. Invisalign

Ini adalah salah satu jenis behel lepasan paling “mutakhir” yang berbentuk seperti cetakan gigi dan berwarna bening. Sehingga dengan menggunakan behel ini seperti tidak menggunakan behel gigi, karena warnanya yang bening. Namun harga behel ini masih sangat mahal dibanding behel gigi yang lain. Jika anda tertarik dengan behel ini, silahkan baca di website resminya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami. Dan silahkan rutin mengunjungi halaman promo kami untuk mendapatkan harga yang menarik.

 

Menambal Gigi Dengan Pasta Gigi

Gigi berlubang

Sakit gigi apalagi gara-gara gigi bolong tentunya sangat tidak menyenangkan.

Seorang peneliti masalah gigi di Jepang, Kazue Yamagishi, dianggap berhasil membuat produk yang konon akan merevolusi cara orang merawat giginya. Pasta gigi buatan Kazue Yamagishi kabarnya bekerja sempurna sehingga bisa membuat dokter gigi kehilangan pekerjaan.

Berdasarkan riset, pasta gigi tersebut mampu mengisi semua lubang dan keretakan gigi juga memperbaiki kondisi enamel gigi di saat yang bersamaan.

Lubang dan keretakan di gigi merupakan alasan utama diperlukannya perawatan gigi oleh dokter gigi. Hingga saat ini belum ada bukti bahwa dengan menggosok gigi, akan mengembalikan kerusakan yang terjadi di gigi kita.  Pasta gigi yang belum diketahui brandnya itu mengandung komponen yang mirip enamel gigi, dan mampu mengisi celah-celah keretakan yang ada gigi. Bentuk dan penggunaannya tidak berbeda dengan pasta gigi yang biasa kita gunakan saat ini, sehingga dengan mudah digunakan oleh semua orang. Formula baru itu seperti dilansir organicand healthy.org dibuat setelah dilakukan penelitian dengan bahan yang disebut sebagai hydroxylapatite atau yang lebih dikenal sebagai kalsium fospat crystalline, yang menjadi bahan utama gigi.

Hydroxylapatite sendiri sebenarnya adalah zat yang komponennya sama dengan komponen tulang. Atau dengan kata lain hydroxylapatite adalah makanan untuk tulang yang berasal dari tulang binatang.

Cara kerjanya dengan melemahkan asam yang ada dipermukaan gigi. Setelah tiga menit, pasta gigi tersebut akan mengkristal dan terikat di struktur enamel aslinya. Dengan produk pasta gigi buatan Kazue Yamagishi, di masa depan tampaknya akan jarang orang pergi ke dokter gigi untuk menambal giginya yang bolong.

Sumber : merahputih.com

 

Gigi Impaksi

gigi impaksi

Gigi impaksi adalah suatu keadaan dimana benih gigi yang akan tumbuh terhalang pertumbuhannya. Sehingga mengakibatkan gigi tidak keluar secara normal. Penyebab gigi impaksi adalah rahang yang terlalu kecil dan ukuran gigi yang terlalu besar, sehingga mengakibatkan penumpukan.

Ada yang mengganggap penyebab lain gigi impaksi adalah pada kebiasaan masyarakat modern yang suka makan makanan yang lembek-lembek sehingga membuat rahang tidak aktif mengunyah, sedangkan makan makanan yang berserat perlu kekuatan rahang. Mengunyah lebih lama justru  membuat rahang kita berkembang dengan baik. Dan seperti diketahui sendi-sendi di ujung rahang merupakan titik tumbuh rahang. Kalau proses pengunyahan kurang sendipun kurang aktif, sehingga rahang tidak berkembang dengan semestinya dan salah satu akibatnya adalah gigi tumbuh dengan tidak normal.

Salah satu contoh kasus diatas adalah salah satu pasien saya mengeluhkan gigi geraham kanan bawah sering sakit pada saat makan, demam, sering bengkak, pendarahan, sering sakit kepala dan bau mulut. Melihat kondisi seperti itu, saya menyarankan pasien untuk roentgen foto supaya terlihat jelas gambaran gigi geraham bungsunya seperti apa.

Setelah terlihat penampakan giginya seperti apa, baru bisa dilakukan  dengan pencabutan. Dalam hal ini dilakukan operasi kecil yang dikenal dengan odentektomy. Mengapa dilakukan operasi kecil? Karena tidak bisa dilakukan pencabutan biasa. Proses operasi kecil ini dilakukan paling lama sekitar 1 jam karena melihat posisi giginya yang sulit.

Beberapa petunjuk yang dilakukan setelah pencabutan gigi impaksi adalah 

  1. Dilarang menghisap luka 
  2. Dilarang merokok 
  3. Dilarang berkumur dengan menggunakan obat kumur 
  4. Dilarang minum panas dan alkohol 
  5. Dilarang membersihkan gigi didaerah pencabutan.

Sumber : drgmalang.id

 

Sariawan

sariawan stomatitisSariawan atau dalam istilah medisnya disebut stomatitis sering dialami setiap orang, bahkan bagi beberapa orang menjadi langganan bulanan. Sariawan adalah suatu luka pada rongga mulut biasanya terasa perih dan tidak nyaman sekali atau radang pada mukosa (pipi bagian dalam) mulut yang disertai bercak putih kekuningan bisa tunggal dan berkelompok. Sariawan ini bisa menyerang mukosa lendir pipi, pipi, lidah, gusi, bibir bagian dalam serta langit-langit dalam rongga mulut. Sariawan tergolong penyakit yang ringan.

Ada beberapa penyebab sariawan yang perlu kita ketahui diantaranya adalah :

  1. Pipi tergigit, tertusuk oleh benda seperti sikat gigi, dll
  2. Gangguan hormon pada wanita
  3. Kekurangan vitamin c dan asam folat
  4. Alergi terhadap obat atau pasta gigi
  5. Akibat stress atau tertekan pikiran yang berlebihan menyebabkan gangguan psikis dan mental
  6. Terjadi karena adanya virus dan bakteri.

Untuk mencegah sariawan semakin parah dapat dilakukan dengan :

  1. Menggunakan pasta gigi yang tidak memicu timbulnya iritasi pada mulut dan menggunakan sikat gigi yang lembut
  2. Menggunakan sedotan saat minum untuk mengurangi iritasi pada mulut
  3. Mengkonsumsi makanan yang lembut dan menghindari makan pedas dan asam
  4. Menghindari semua pemicu yang dapat memperparah luka sariawan
  5. Menjaga kebersihan mulut
  6. Memperbanyak mengkonsumsi vitamin c dan asam folat
  7. Pada penderita stres sebaiknya mencari tau apa pemicu dari stres dan mencoba mencari penyelesaian masalahnya
  8. Apabila cedera akibat trauma karena tergigit saat mengunyah makanan atau karena pemakaian behel sebaiknya konsultasikan kedokter gigi
  9. Kumur dengan air garam hangat dapat dilakukan 3 kali dalam sehari

Sedangkan untuk pengobatan dapat dilakukan dengan mengolesi luka sariawan dengan Aloclair yang bisa dibeli di apotek. Produk Aloclair ini tidak perih maupun sakit ketika digunakan, aloclair ini terdapat 3 jenis, yaitu :

  1. Aloclair Plus Gel yang berupa gel bening untuk dioles
  2. Aloclair Plus Spray yang berupa spray (semprot) ini lebih mudah menjangkau daerah yang susah untuk dioles
  3. Aloclair Plus Oral Rinse yang berupa obat kumur yang penggunaannya dicampur dengan air untuk berkumur

Sariawan biasanya bisa sembuh sendiri antara 1-2 minggu. Dan apabila lebih dari itu, sebaiknya bisa berkonsultasi dengan dokter gigi langganan atau yang terdekat.

 

Memutihkan Gigi (Bleaching Teeth)

bleaching gigi

Bagi pecinta kopi atau teh atau bahkan perokok pasti beberapa giginya mengalami perubahan warna yang sudah tidak putih lagi. Dan perubahan warna ini bagi sebagian orang membuat tidak nyaman karena membuat rasa percaya diri turun. Sebenarnya perubahan warna pada gigi tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan minum kopi atau teh atau merokok, tapi juga ada beberapa faktor lain misalnya karena obat golongan super tetra (tetrasiklin).

Untuk sebagian orang yang tidak percaya diri atau malu dengan warna giginya yang menguning, mungkin bisa mencoba melakukan perawatan memutihkan gigi atau teeth whitening atau dikenal juga dengan istilah bleaching teeth. Jadi sebenarnya bleaching atau memutihkan gigi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih atau lebih tepatnya lebih cerah. Ingat ya bleaching ini tidak bisa membuat warna gigi kembali putih seperti bayi.

Perawatan bleaching gigi yang dilakukan adalah melakukan tindakan pemutihan gigi vital ekstra korona atau yang disebut dengan in office bleaching. Pada tindakan ini bahan pemutihan gigi diletakkan di permukaan email gigi, selanjutnya dilakukan pemanasan dan penyinaran. Bahan pemutih gigi ini banyak manfaatnya salah satunya adalah untuk menanggulangi perubahan warna pada gigi menjadi cerah. Tetapi ada juga efek sampingnya, yaitu pada sebaguan orang setelah menggunakan pemanasan dan penyinaran timbul rasa nyeri.

Biasanya setelah proses pemutihan saya  memberikan tooth mousse dan menyarankan pasien menggunakan pasta gigi dengan kadar busa sedikit seperti sensodyne. Pemberian tooth mousse dilakukan setelah sikat gigi dengan cara dioleskan dengan tujuan untuk mengurangi rasa ngilu.

Warna atau kecerahan gigi setelah proses bleaching biasanya bertahan selama 1 tahun. Untuk menjaga warna atau kecerahan gigi tetap putih disarankan untuk :

  1. Mengurangi minum kopi atau teh
  2. Mengurangi rokok
  3. Mengurangi minum minuman berenergi
  4. Tidak langsung menyikat gigi setelah makan, sebaiknya tunggu satu jam setelah makan
  5. Rajin membersihkan gigi dan mulut

Sumber : drgmalang.id

 

Mahkota Selubung (Crown Gigi)

mahkota selubungSetelah sebelumnya saya menulis tentang Gigi Palsu, yang salah satu jenisnya adalah gigi palsu jaket atau mahkota selubung atau dikenal juga dengan crown gigi. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara agak panjang tentang jenis gigi palsu ini.

Mungkin diantara kita ada yang belum pernah mendengar istilah mahkota selubung (crown gigi), tapi pasti banyak yang sudah mengetahui apa fungsinya. Berikut akan saya coba jelaskan sedikit apa itu mahkota selubung (crown gigi). Mahkota selubung (crown gigi) adalah salah satu cara untuk memperbaiki gigi yang rusak serta untuk melindungi gigi terhadap kerusakan yang lebih parah. Seperti halnya mahkota, mahkota selubung (crown gigi) merupakan gigi palsu yang dipasang diatas dan menutupi gigi yang rusak.

Mahkota selubung bentuknya seperti gigi  yang diletakkan diatas gigi untuk memulihkan keindahan gigi dan mengganti gigi yang rusak. Mahkota selubung ini dipasang pada permukaan gusi menutupi  sisa gigi yang rusak, dan telah dibersihkan sebelumnya.

Mahkota selubung (crown gigi) memiliki material pembuatan yang bermacam-macam seperti logam atau baja tahan karat, keramik atau porselen, dan lain-lain. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Konsultasi kepada dokter gigi langganan anda untuk menentukan jenis crown yang tepat.

Kapan anda memutuskan untuk memakai  mahkota selubung (crown gigi)? Berikut beberapa alasan penggunaan mahkota selubung (crown gigi) :

  1. Kerusakan gigi yang terlalu parah dan tidak dapat dilakukan dengan penambalan
  2. Tambelan sering lepas/copot
  3. Gigi yang retak
  4. Gigi berubah warna
  5. Kerusakan gigi yang terlalu besar
  6. Gigi patah

Jika anda berminat atau ingin informasi lebih jelas silahkan hubungi kami

Gigi Palsu

Gigi palsu atau gigi tiruan biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang telah rusak. Selain itu gigi tiruan atau gigi palsu juga berfungsi untuk mencegah pergeseran gigi dan perubahan tulang rahang. Secara umum berfungsi untuk mengunyah makanan dan untuk estetika. Karena berfungsi untuk mengunyah dan estetika maka pembuatannya selain harus kuat, tetapi juga harus dibuat seperti gigi asli baik warna maupun bentuknya. Sehingga orang yang memakainyapun menjadi nyaman, begitu pula dengan orang lain yang melihat tidak akan tahu jika itu adalah bukan gigi asli.

Beberapa jenis yang umum dipakai adalah

  1. Gigi palsu lepasan
  2. Gigi palsu jaket (mahkota)
  3. Gigi palsu permanen dengan sistem implan

1. Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu jenis ini didesain agar pemakai bisa dengan mudah melepask dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau orang lain. Sehingga pemakai jenis ini bisa kapan saja melepas gigi palsunya untuk dibersihkan. Biaya pembuatannya termasuk paling murah dibanding jenis yang lain.

Beberapa pilihan bahan yang digunakan, yaitu :

  • Akrilik

Dengan menggunakan bahan akrilik adalah pilihan paling murah, namun mempunyai plat relatif tebal dan ada kawat yang berfungsi untuk mencengkeram ke gigi yang tersisa. Sehingga gigi palsu jenis ini kurang nyaman untuk digunakan. Kisaran biaya untuk jenis ini adalah Rp.400.000,00 (empat ratus ribu rupiah).

  • Valplast

gigi palsu valplastJenis bahan ini tidak menggunakan kawat untuk mencengkeram namun lebih lentur dan tipis dibandingkan dari bahan akrilik. Sehingga lebih nyaman untuk digunakan, namun membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal ketimbang akrilik, yaitu berkisar mulai dari Rp.600.000,00 (enam ratus ribu rupiah).

  • Frame (kerangka logam)

Jenis ini menggunakan plat logam sebagai rangkanya. Karena mempunyai rangka dari logam, plat gigi palsu bisa dibuat sangat tipis sehingga dibandingkan gigi palsu lepasan lainnya, jenis ini paling nyaman digunakan dan paling kuat. Namun biayanya paling mahal diantara gigi palsu lepasan lainnya.

  • Dan lain-lain

2. Gigi Palsu Jaket (Mahkota)

gigi palsu jaket (mahkota)Gigi palsu jaket (mahkota) adalah gigi palsu yang dibuat dan digunakan untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak. Syarat memakai gigi palsu jaket (mahkota) adalah syaraf dan akar gigi masih berfungsi dengan baik. Bentuk gigi palsu jaket menyerupai selongsong yang kemudian disarungkan pada gigi asli.

Biasanya pengguna gigi tiruan ini adalah orang yang mempunyai gigi berlubang atau gigi yang patah. Namun gigi asli tersebut tidak memungkinkan untuk ditambal seperti biasa. Tetapi akar dan syaraf giginya masih baik, jadi sayang jika harus dicabut. Maka solusi yang tepat adalah dengan membungkus gigi asli yang rusak tadi dengan gigi tiruan jaket (mahkota). Untuk biaya pemasangan jenis ini mulai dari Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) hingga beberapa juta rupiah.

3. Gigi Palsu Permanen dengan Sistem Implan

gigi palsu implantSebenarnya ini adalah satu teknologi terbaru dalam pemasangan gigi palsu. Karena bersifat permanen, maka pemasangannya adalah dengan cara menanam ke dalam gusi atau dikenal dengan sistem implan. Karena ditanam ke dalam gusi, maka perlu pembedahan kecil di gusi untuk menanam tadi.

Khusus sistem implan ini perlu beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh orang yang akan menggunakan metode implan ini. Beberapa syarat tersebut adalah kondisi gusi, rahang dan tulang yang sesuai. Sehingga dokter perlu memeriksa secara intensif kondisi tersebut.

Dan untuk masalah biaya, metode sistem implan adalah paling mahal dibanding jenis lepasan atau jaket. Kisaran biaya untuk metode sistem implan ini hingga mencapai belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Semua biaya tadi hanya perkiraan saja tergantung dari bahan yang digunakan dan tempat dimana dokter gigi dan lab pembuatan gigi palsu berada.

Jika anda tertarik atau ingin informasi lebih jelas tentang biaya dan jenis lainnya silahkan hubungi kami atau konsultasikan dengan dokter gigi terdekat.

 

Behel Self Ligating

damon braces
Setelah tulisan sebelumnya tentang kawat gigi lingual atau behel yang ada di belakang gigi. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu teknologi terbaru lainnya dalam kawat gigi, yaitu “Behel Self Ligating”.
Behel Self Ligating merupakan teknologi terbaru dalam kawat gigi. Behel ini tidak menggunakan karet, namun menggunakan pengunci sendiri untuk mengikat langsung ke kawat (wire). Behel Self Ligating mempunyai penyangga khusus untuk menyangga kawat dengan sistem buka tutup sendiri yang disebut dengan clip.
Pergerakan behel self ligating ini lebih nyaman dibanding behel konvensional sehingga rasa sakit lebih minim. Karena memiliki ukuran lebih kecil dibanding behel konvensional, maka dalam pembersihan gigi juga menjadi lebih mudah dan lebih bersih.
Beberapa keuntungan dalam menggunakan Behel Self Ligating, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pergerakan gigi lebih cepat dan efisien
  2. Mengurangi jumlah kunjungan atau kontrol
  3. Mengurangi rasa sakit dibanding behel konvensional
  4. Lebih mudah dalam membersihkan gigi
  5. Sama seperti behel konvensional, behel self ligating juga ada pilihan clear (transparan)
  6. Gigi lebih cepat rapi dibanding menggunakan behel konvensional
empowerSama seperti behel konvensional, behel self ligating juga terdapat beberapa pilihan merk yang bisa digunakan. Yang terkenal dalam teknologi behel self ligating ini adalah Damon Braces, namun ada beberapa produk pesaing yang cukup dikenal salah satunya adalah American Ortho dengan produk yang bernama Empower. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan termasuk harga yang berbeda. Namun kedua produk tersebut mempunyai cara kerja yang relatif sama yaitu self ligating.
Dari segi harga behel American Ortho lebih murah dibanding behel Damon. Di beberapa dokter biaya pemasangan behel self ligating bervariasi, tergantung bahan dan daerah. Biaya pemasangan behel American Ortho mulai dari 8 juta rupiah, sedangkan behel Damon mulai dari harga 18 juta rupiah.
Oleh karena biaya pemasangan yang relatif mahal, tidak semua orang memilih jenis behel ini meskipun behel ini lebih nyaman dipakai. Sehingga semua keputusan untuk menggunakan jenis behel yang mana tergantung masing-masing orang, karena teknologi hanyalah sebuah pilihan.

ao empower self ligating

AO Empower Self Ligating

Jika anda tertarik silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

Facebook
Facebook
Google+
Google+
https://doktergigi.id/blog">
PINTEREST
PINTEREST
LinkedIn
INSTAGRAM