Blog - DokterGigi.ID

Blog

Mencegah dan Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut puasaBulan puasa sudah tiba dan saatnya umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Puasa adalah menahan diri untuk tidak makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa puasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun ada beberapa orang yang mengeluhkan adanya bau mulut yang kurang sedap saat berpuasa. Hal tersebut sebenarnya adalah wajar, karena kurangnya cairan yang menyebabkan mulut menjadi kering. Jadi jika mulut semakin kering, maka kemungkinan untuk menyebabkan bau kurang sedap juga makin tinggi.

Untuk mencegah dan mengurangi bau mulut, bisa melakukan hal-hal berikut :

  1. Menghindari makan makanan yang berbau seperti petai dan jengkol pada saat buka dan sahur
  2. Mengurangi makan dan minum yang mengandung gula terlalu tinggi pada saat buka dan sahur
  3. Hindari minum kopi saat buka dan sahur
  4. Minum air putih secukupnya pada waktu antara buka dan sahur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang
  5. Membersihkan gigi, gusi dan lidah sebelum tidur dan setelah sahur
  6. Gunakan pasta gigi yang mengandung siwak atau sirih untuk sikat gigi
  7. Gunakan obat kumur yang non alkohol untuk berkumur
  8. Memperbanyak sayur dan buah saat buka dan sahur
  9. Lakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi

Bahaya Minum Obat Sakit Gigi

sakit gigiSudah bukan rahasia lagi jika sakit gigi adalah salah satu sakit yang sangat ingin dihindari karena rasa sakit yang luar biasa dan membuat emosi. Meskipun rasanya sakit luar biasa, ternyata masih banyak orang yang takut untuk periksa giginya ke dokter gigi. Sehingga banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan minum obat sakit gigi untuk meredakan sakit gigi.

Sebenarnya obat sakit gigi yang sering diminum oleh masyarakat tersebut adalah obat pereda rasa nyeri. Jadi hanya untuk menghilangkan rasa nyeri saja dan tidak mengobati penyebab sakit giginya. Dan ketika sudah tidak terasa sakit lagi, biasanya gigi yang sakit tadi dibiarkan begitu saja dan tidak ke dokter gigi untuk diperiksa.

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk meredakan rasa nyeri sakit gigi adalah parasetamol, ibuprofen, cataflam, asam mefenamat, ponstan dll. Selain untuk pereda rasa nyeri beberapa obat tersebut juga berfungsi sebagai anti inflamasi atau atau radang.

Obat-obat tersebut tidak bisa digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Karena konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama dan tanpa resep dokter sangat berbahaya terutama bagi ginjal atau liver serta dapat menyebabkan seseorang manjadi kebal terhadap obat.

Jika yang terjadi adalah kebal terhadap obat, maka seseorang sudah tidak bisa lagi mengkonsumsi obat yang sama atau sejenis. Dan jika yang terjadi adalah kerusakan terhadap ginjal atau liver maka itu akan menjadi sebuah mimpi buruk yang harus mendapatkan penanganan secara khusus.

Oleh karena itu jika sakit gigi, segeralah ke dokter gigi untuk diperiksa. Karena sakit gigi yang berkepanjangan juga berpotensi untuk mengganggu fungsi kesehatan yang lain, misalnya jantung. Jika penyebab sakit gigi sudah diketahui, maka pastikan untuk segera mendapatkan tindakan yang tepat dari dokter gigi agar sakit gigi tidak datang lagi.

Beberapa penyebab sakit gigi dan penanganannya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya di sini. Jika masih ada yang perlu dikonsultasikan silakan hubungi dokter gigi terdekat atau hubungi kami.

Gigi Palsu Murah Dan Nyaman

gigi palsu valplast

Setelah sebelumnya menulis tentang gigi palsu dan efek setelah cabut gigi, kali ini saya akan membahas tentang gigi palsu yang murah dan nyaman digunakan sehari-hari. Mengapa saya menulis tentang ini? Karena banyak sekali yang bertanya adakah gigi palsu murah tapi nyaman digunakan.

Sebenarnya banyak pertimbangan untuk memilih jenis gigi palsu selain faktor biaya dan kenyamanan, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah efek pemakaian gigi palsu dalam jangka panjang. Tetapi kali ini saya hanya fokus pada gigi palsu dengan biaya murah dan kenyamanan saja, karena jika mempertimbangkan efek jangka panjang akan berakibat pada biaya yang tidak lagi terjangkau atau mahal.

Biaya murah adalah biaya yang pada umumnya masih terjangkau bagi masyarakat, dan murah ini pada dasarnya adalah relatif bagis setiap orang. Sehingga saya menggunakan asumsi bahwa murah adalah tidaklah lebih dari 1 juta rupiah. Sedangkan kenyamanan bagi sebagian besar orang adalah mutlak, yaitu seperti tidak menimbulkan rasa sakit. Namun biasanya untuk mendapatkan kenyamanan memerlukan proses adaptasi.

Pada dasarnya jenis gigi palsu ada 2 macam, yaitu permanen dan lepasan. Jenis gigi palsu lepasan pastinya lebih murah dibanding gigi palsu permanen. Pemakaian gigi palsu lepasan adalah dengan menempelkan gigi palsu pada gusi. Oleh karena itu bagian yang menempel pada gusi harus nyaman dan tidak menyebabkan rasa sakit pada gusi.

Pada pemakaian gigi palsu pasti membutuhkan proses adaptasi untuk mendapatkan kenyamanan. Karena gigi palsu pada dasarnya adalah benda asing yang digunakan untuk menggantikan gigi asli yang hilang atau tanggal. Karena sifatnya sebagai benda asing tersebut maka perlu adaptasi dalam penggunaannya, namun selama pemakaiannya tidak menimbulkan rasa sakit berlarut larut.

Untuk mendapatkan rasa nyaman dalam penggunaan gigi palsu, maka perlu diperhatikan dalam memilih bahan gigi palsu, yaitu hindari penggunaan bahan gigi palsu yang keras. Karena bahan yang keras bisa menyebabkan rasa sakit pada gusi, sehingga perlu dipilih bahan yang lunak atau lentur. Bahan yang lunak atau lentur biasanya lebih nyaman, karena sifatnya yang elastis tidak menimbulkan rasa sakit di gusi.

Salah satu jenis gigi palsu yang menggunakan bahan lunak atau lentur adalah valplast. Valplast adalah salah satu jenis gigi palsu yang menurut saya paling murah dan nyaman, karena harganya masih dibawah 1 juta rupiah. Namun mempunyai kelebihan yaitu nyaman digunakan karena lunak atau lentur dan mempunyai nilai estetika yang lebih bagus dibanding gigi palsu akrilik.

Tarif atau biaya gigi palsu valplast di beberapa tempat dimulai dari harga 600 ribuan rupiah untuk satu gigi pertama dan untuk gigi kedua dan selanjutnya mempunyai tarif atau biaya yang berbeda-beda. Silakan konsultasikan dengan dokter gigi terdekat dengan lokasi anda.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

Gigi Berlubang Jangan Langsung Ditambal Atau Dicabut

Tambal gigi Sejak dahulu dan mungkin sampai sekarang masih banyak yang beranggapan bahwa gigi  berlubang atau karies harus segera ditambal atau dicabut, karena gigi yang berlubang adalah penyebab sakit gigi.

Saya tidak membahas lagi penyebab rasa sakit gigi. Namun akan coba saya bahas mengenai tindakan jika gigi berlubang. Pada dasarnya gigi berlubang harus segera ditambal, akan tetapi tidak bisa langsung ditambal begitu saja. Dan jika gigi berlubang sudah rusak juga jangan buru-buru langsung dicabut, karena jika masih memungkinkan bisa dipasang pasak pada saluran akar maupun dengan gigi palsu jenis crown.

Jika gigi berlubang dalam taraf permulaan alias sangat kecil bisa dilakukan pemberian flouride untuk membantu memulihkan enamel gigi yang mengalami kerusakan. Caranya adalah dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi atau bahan lain yang mengandung flouride.

Sedangkan penambalan gigi akan dilakukan jika gigi berlubang telah melampaui pembusukan tahap awal. Penambalan dilakukan dengan pengeboran pada gigi yang telah rusak dan akan ditambal dengan bahan resin komposit yang sewarna dengan gigi asli.

Untuk kerusakan gigi yang telah parah atau gigi rapuh, dokter bisa membuatkan crown gigi untuk mengganti seluruh mahkota gigi asli yang rapuh tersebut. Crown tersebut terbuat dari bahan porcelain, resin, porcelain dengan logam lebur atau bahan lainnya.

Apabila pembusukan gigi telah telah mencapai tahap pulpa atau syaraf yang sudah mati sebaiknya dilakukan pembuangan jaringan syaraf gigi, jaringan pembuluh darah dan daerah yang busuk dibersihkan. Setelah itu baru dilakukan pembuatan crown untuk menghindari pencabutan gigi.

Jika pembusukan sudah dalam tahap parah dan tidak dapat dipulihkan lagi maka mau tidak mau menang harus dilakukan pencabutan gigi. Tetapi setelah cabut gigi pasti akan menimbulkan ruang, sehingga memungkinkan gigi lain bergeser. Jadi sangat disarankan untuk membuat bridge gigi atau rangkaian gigi palsu untuk menggantikan gigi yang dicabut.

Oleh karena itu untuk mencegah gigi berlubang sebaiknya dilakukan perawatan kesehatan gigi dengan selalu membiasakan membersihkan gigi setelah makan. Serta mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

Mengapa Cabut Gigi

cabut gigiCabut gigi adalah salah satu tindakan yang bagi sebagian orang adalah menakutkan. Karena sang dokter menggunakan alat-alat yang dianggap mengerikan untuk mengeluarkan/mencabut gigi yang ada di dalam rongga mulut. Maka dari itu banyak orang yang takut untuk mencabut giginya. Berbagai alasan diutarakan oleh sebagian orang yang takut untuk cabut gigi.

Orang takut untuk cabut gigi, menurut saya adalah hal wajar jika melihat alat yang digunakan seperti tang atau alat yang menyerupai obeng. Karena alat-alat seperti itu emang biasanya digunakan oleh seorang pekerja bangunan. Namun alat-alat yang digunakan oleh seorang dokter gigi adalah alat yang memang standar dalam kedokteran gigi dan beda dengan alat bangunan.

Jika anda adalah salah satu orang yang mungkin takut jika harus cabut gigi, sebaiknya memahami dulu mengapa harus cabut gigi. Berikut adalah beberapa hal yang mengharuskan orang untuk mencabut gigi:

1.Infeksi

Biasanya infeksi terjadi pada gigi yang berlubang dan menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu. Cabut gigi sebenarnya adalah langkah terakhir jika infeksi tersebut tidak bisa disembuhkan dengan minum obat atau dengan perawatan saluran akar. Infeksi ini jika dibiarkan bisa berdampak serius pada penyakit jantung maupun stroke. Karena infeksi ini bisa memicu bakteri dalam mulut untuk masuk ke dalam aliran darah.

2.Gigi Menumpuk

Sebenarnya gigi yang menumpuk adalah hal yang lumrah ditemui pada masyarakat. Gigi menumpuk beberapa kasus disebabkan oleh kebiasaan buruk pada waktu kecil maupun kurangnya perawatan gigi sejak kecil. Dan gigi menumpuk ini sebenarnya bukan sesuatu yang wajib untuk dicabut, namun ketika ingin mempunyai susunan gigi yang rapi bisa saja seorang dokter gigi merekomendasikan mencabut beberapa gigi.

3.Gigi Bungsu

Biasanya gigi bungsu yang tumbuh tidak normal atau miring atau yang disebut dengan gigi impaksi bisa menyebabkan rasa nyeri karena mendorong gigi di sebelahnya. Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau memang harus segera dicabut.

4.Gigi Goyang

Mungkin kondisi gigi goyang adalah kondisi yang sering dijumpai. Dan kondisi ini adalah salah satu yang menyebabkan perlunya cabut gigi, karena jika tidak dicabut maka terasa tidak nyaman meskipun tidak sakit.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

 

Video proses pencabutan gigi

Memilih Kuliah Kedokteran Gigi

Profesi sebagai dokter gigi adalah salah satu profesi di bidang kesehatan yang membutuhkan perjuangan luar biasa selama menempuh pendidikan. Untuk menjadi seorang dokter gigi memerlukan kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Mengapa membutuhkan perjuangan luar biasa selama menempuh pendidikan? Karena pendidikan kedokteran gigi terbagi menjadi 2, yaitu pendidikan akademis dan pendidikan profesi.

Pendidikan akademis secara normal memerlukan waktu sekitar 8 semester (4 tahun), sedangkan pendidikan profesi memerlukan waktu sekitar 4 semester (2 tahun). Jadi perlu niat yang sungguh-sungguh dan bermental baja untuk bisa menyelesaikan pendidikan kedokteran gigi. Dan setelah lulus dari pendidikan kedokteran gigi masih diharuskan untuk mengikuti ujian kompetensi dokter gigi Indonesia.

Pendidikan akademis berfokus pada teori, sedangkan pendidikan profesi berfokus pada praktek untuk mewujudkan kemampuan dan keterampilan di klinik. Sehingga dengan pendidikan yang sudah didesain sedemikian rupa bisa menciptakan dokter gigi yang handal dan bermutu.

Setelah mengetahui lama dan proses pendidikannya, saatnya kita juga mengetahui universitas atau perguruan tinggi mana saja yang mempunyai fakultas kedokteran gigi. Untuk melihat bagaimana kualitas masing-masing pendidikan kedokteran gigi, salah satu yang menjadi patokan adalah dari akreditasi BANPT. Dari sekian banyak universitas, ternyata hanya ada 10 universitas yang mempunyai  akreditasi A. Dengan rincian 6 universitas negeri dan 4 universitas swasta, yaitu:

  1. Universitas Prof Dr Moestopo
  2. Universitas Hang Tuah
  3. Universitas Mahasaraswati Denpasar
  4. Universitas Sumatera Utara
  5. Universitas Jember
  6. Universitas Trisakti
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Padjadjaran
  9. Universitas Gadjah Mada
  10. Universitas Airlangga

akreditasi kedokteran gigi

Jika dilihat berdasarkan sejarah dan tahun berdirinya, 10 universitas tadi bisa diurutkan sebagai berikut :

  1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga berdiri pada tahun 1928
  2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 1948
  3. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran berdiri pada tahun 1959
  4. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia berdiri pada tahun 1960
  5. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara berdiri pada tahun 1961
  6. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo berdiri pada tahun 1962
  7. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti berdiri pada tahun 1965
  8. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember berdiri pada tahun 1985
  9. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar berdiri pada tahun 1986
  10. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah berdiri sejak 1997

Dengan demikian kita bisa mengetahui bahwa pendidikan kedokteran gigi di Indonesia sudah mengalami sejarah yang panjang, dimulai dengan tahun 1928 hingga sekarang. Sehingga sudah tidak diragukan lagi kedokteran gigi di Indonesia mempunyai pengalaman yang luar biasa dalam peran sertanya membangun kesehatan masyarakat Indonesia.

Cabut Gigi Susu Anak-Anak

Gigi susu adalah gigi sementara pada anak-anak yang akan berganti menjadi gigi dewasa. Gigi susu mulai tumbuh pada bayi usia 6 bulan hingga 2 atau 3 tahun. Pada umumnya ketika usia anak mulai 7 tahun, gigi seri dewasa mulai tumbuh hingga berakhir dengan tumbuhnya gigi geraham dewasa pada usia 12 tahun atau lebih.

Pada saat pergantian gigi susu ke gigi dewasa akan terjadi tanggalnya gigi susu, karena gigi dewasa membutuhkan ruang untuk tumbuh. Oleh karena itu gigi susu akan tanggal dengan sendirinya atau dengan proses pencabutan.

Pencabutan gigi susu bisa dilakukan sendiri biasanya ketika gigi sudah goyang atau pencabutan gigi oleh dokter gigi. Namun ketika pencabutan gigi oleh dokter gigi, biasanya anak-anak cenderung akan menolak karena takut. Oleh karena itu perlu pendekatan khusus jika pencabutan gigi harus ditangani oleh dokter gigi.

Beberapa kasus pencabutan gigi susu yang mengharuskan ditangani oleh dokter gigi adalah :

  1. Ketika gigi susu kesundulan gigi dewasa. Apabila kondisinya seperti ini, maka mau tidak mau gigi susu harus segera dicabut agar gigi dewasa bisa tumbuh dengan sempurna dan rapi.
  2. Ketika gigi susu mengalami kerusakan atau karies yang bisa menyebabkan infeksi. Karena jika dibiarkan akan semakin parah dan menyebabkan sakit gigi. Oleh karena itu pilihan untuk cabut gigi susu adalah pilihan terbaik untuk menghindari infeksi lebih lanjut.
  3. Ketika usia sudah beranjak dewasa, namun gigi susu tidak lekas tanggal juga merupakan salah satu alasan untuk mencabut gigi susu. Karena agar segera tumbuh gigi dewasa.
  4. Ada kalanya gigi dewasa tidak tumbuh karena terhalang gigi susu yang masih utuh dan rapat. Namun setelah dilakukan rontgen gigi terlihat gigi dewasa sudah mulai tumbuh di dalam gusi. Karena terhalang gigi susu, maka gigi dewasa tadi tidak bisa tumbuh keluar.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

 

Video proses pencabutan gigi pada anak

Artis Korea Juga Gemar Permak Gigi

Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang menjadi kiblat perawatan dan kecantikan tubuh baik wanita maupun laki-laki. Begitupula dengan perawatan gigi juga menjadi salah satu tren. Maka tidak heran banyak artis korea yang mempunyai wajah dan gigi yang menarik, salah satu contohnya adalah artis Blackpink.

jisoo blackpink

Jisoo Blackpink

Selain wajah, ternyata orang korea juga tidak percaya diri dengan bentuk gigi yang kurang rapi. Sehingga bagian mulut dan gigi juga menjadi salah satu target untuk “dipermak”. Karena bentuk mulut/rahang dan gigi yang rapi akan memberi pengaruh nyata pada bentuk wajah yang cantik.

Demi menunjang penampilan, tak sedikit artis korea yang melakukan “permak” gigi mereka agar senyum dan kecantikannya semakin menawan. Beberapa artis korea yang melakukannya adalah Goo Hara, Kim Bum, Kim Tae Hee, Yoo Seung Ho, Soo Ae, dan Lee Yo Won.

Karena tren perawatan gigi yang sudah sedemikian populer di Korea, maka banyak kalangan di Indonesia mulai melirik untuk menjadikan Korea sebagai tempat untuk menimba ilmu dalam hal perawatan gigi. Namun tak jarang juga beberapa kalangan untuk melakukan perawatan gigi di Korea. Beberapa perawatan gigi yang dilakukan adalah mulai dari pemasangan behel gigi hingga implan gigi.

Termasuk dalam hal bahan dan peralatan yang digunakan dalam perawatan gigi, kini mulai banyak bahan maupun peralatan dari Korea yang digunakan di Indonesia. Karena selain kualitas yang tidak kalah dari Amerika maupun Eropa, harga bahan dan peralatan dari Korea juga lebih terjangkau.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

Trik Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi

anak dokter gigiTidak bisa dipungkiri bahwa ke dokter gigi adalah hal yang paling menakutkan bagi anak kecil. Apalagi semakin ditambahi dengan berbagai cerita menakutkan seperti layaknya anak kecil yang mau disunat. Bahkan beberapa orang tua jika jengkel dengan kelakuan anak kecilnya juga malah menakut nakuti akan membawa anaknya disunat atau ke dokter gigi atau ke kantor polisi.

Hal tersebut di atas akan merepotkan bagi orang tua yang ketika anaknya perlu ke dokter gigi, tetapi sang anak malah takut karena cerita cerita sebelumnya. Lalu bagaimana menyikapinya ? Berikut beberapa trik yang mungkin bisa berguna bagi orang tua.

  1. Mengajak ke dokter gigi sejak dini. Membiasakan membawa anak ke dokter gigi sejak dini, mungkin bisa dilakukan saat anak sudah bisa diajak bicara. Tidak perlu menunggu sampai ada keluhan dengan masalah gigi. Cukup periksa gigi saja sudah cukup untuk melatih anak untuk tidak takut dengan dokter gigi.
  2. Menyampaikan bahwa ke dokter gigi bukan untuk suntik atau cabut gigi. Pada saat akan ke dokter gigi sebaiknya cukup memberi tau sang anak bahwa ke dokter gigi untuk periksa saja, tidak perlu diberi tau apa yang akan dilakukan dokter gigi nantinya. Dan jelaskan bahwa itu hanya dilihat saja oleh sang dokter gigi.
  3. Berikan sesi komunikasi khusus antara anak dan dokter gigi. Pada saat sudah di ruang praktek dokter gigi, sebaiknya biarkan sang anak dan sang dokter gigi untuk berkomunikasi dengan bahasanya agar sang anak mengerti dan tidak takut lagi.
  4. Jangan membiasakan menakut nakuti anak. Ini hal yang menurut saya paling penting, usahakan berhenti untuk menakut nakuti anak. Karena jika sang anak sudah terlanjur takut, maka akan lebih susah untuk membuat anak berani dalam waktu singkat.
  5. Jangan menceritakan hal buruk tentang dokter gigi. Sebaiknya tidak menceritakan hal yang buruk atau sakit pada anak, karena anak pasti akan bertambah takut dan akan menjadi pembenaran pada persepsinya bahwa ke dokter gigi itu sakit.
  6. Memberikan pujian pada sang anak yang sudah berani ke dokter gigi. Dan jangan lupa untuk memberi pujian pada sang anak bahwa dia adalah anak pemberani karena tidak takut.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

 

Video mengenalkan anak batita ke dokter gigi

Efek Setelah Cabut Gigi

Setelah dilakukan pencabutan gigi, pasti ada rongga atau sela diantara gigi atau yang biasa dikenal dengan istilah ompong. Dengan kondisi ompong tersebut selain mengganggu penampilan atau estetika, juga membuat tidak nyaman dalam berbicara maupun mengunyah makanan.

Selain dampak yang mengganggu di atas, ada dampak lainnya yang ditimbulkan dan mungkin jarang disadari oleh kebanyakan orang, yaitu pergeseran gigi dan perubahan terhadap tulang rahang. Sehingga bisa membuat susunan gigi yang masih utuh bergeser atau bahkan miring, sedangkan perubahan terhadap tulang rahang bisa menyebabkan perubahan terhadap bentuk wajah.

Jika sampai gigi bergeser atau bahkan miring, maka untuk merapikan lagi ke posisi semula akan menjadi sulit. Salah satu cara untuk merapikan gigi yang sudah bergeser tadi adalah dengan penggunaan behel gigi. Dan penggunaan behel gigi juga tidak murah dan perlu waktu yang tidak sebentar, apalagi jika usia sudah tidak muda lagi.

Karena dampak yang ditimbulkan tersebut di atas, maka sebaiknya gigi yang sudah dicabut atau sudah hilang harus segera diganti dengan gigi tiruan atau gigi palsu. Sehingga tidak ada lagi ruang yang kosong antar gigi akibat gigi yang dicabut atau hilang. Dan pergeseran gigi maupun perubahan tulang rahang bisa dicegah.

Penggunaan gigi tiruan atau gigi palsu memang tidak bisa menggantikan fungsi gigi asli secara 100%, namun gigi tiruan atau gigi palsu masih lebih baik dibanding tidak menggunakan sama sekali.

Kesimpulannya adalah setelah cabut gigi, sangat disarankan untuk menggunakan gigi tiruan atau gigi palsu meskipun itu tidak wajib.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dan jangan lupa kunjungi halaman promo kami.

Video proses cabut gigi

Facebook
Facebook
PINTEREST
PINTEREST
LinkedIn
INSTAGRAM