Beragam Alasan Mengapa Takut ke Dokter Gigi

  • by
cabut gigi pakai tang

Jujur saja sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat yang takut untuk ke dokter gigi. Padahal mestinya kita perlu melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dampak yang seringkali terjadi ketika jarang atau hampir tidak pernah untuk periksa gigi ke dokter gigi adalah gigi berlubang yang tidak disadari yang bisa menyebabkan sakit gigi. Sebenarnya dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali akan segera mengetahui apabila terjadi kerusakan gigi secara dini dan bisa dilakukan pencegahan kerusakan gigi secara luas. Sehingga apabila kerusakan gigi bisa dicegah secara dini, maka akan mengurangi resiko kerusakan gigi yang lebih luas dan secara otomatis hanya membutuhkan biaya yang lebih murah.

Beberapa kali pasien datang ke dokter gigi dengan kondisi yang sudah terlanjur parah. Sehingga memerlukan penanganan yang lebih dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Dengan kondisi seperti itu, barulah pasien mengerti bahwa pemeriksaan gigi secara rutin memang diperlukan.

Beragam alasan disampaikan mengapa selama ini takut untuk melakukan pemeriksaan gigi di dokter gigi, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Biaya mahal dan biaya yang tidak standar adalah salah satu faktor penyebab masyarakat takut ke dokter gigi. Padahal tidak semua dokterĀ  gigi menerapkan biaya yang mahal. Dan memang beberapa dokter gigi atau klinik gigi juga biayanya tidak sama karena tergantung dengan lokasi dan fasilitas di dalam praktek.
  • Takut dengan alat-alat yang digunakan dokter gigi adalah faktor kedua yang membuat masyarakat takut. Karena memang beberapa peralatan yang digunakan mirip dengan alat pertukangan seperti tang dan obeng.
  • Takut sakit adalah salah satu faktor penyebab orang takut karena cerita dari mulut ke mulut tentang gigi yang dicabut dan disuntik pada bagian gusi. Padahal tidak semua tindakan dokter gigi adalah melakukan cabut gigi, dan biasanya cabut gigi dilakukan hanya pada gigi yang benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki.
  • Malas adalah salah satu alasan yang menyebabkan orang benar-benar tidak mau ke dokter gigi meskipun tidak takut sakit. Jadi memang benar-benar tidak mau berurusan dengan dokter gigi.