Resiko Penggunaan Behel Gigi Murah dari Toko Online

  • by
gigi tidak rapi

Behel gigi murah adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh orang yang ingin tampil gaya dengan tampilan gigi warna-warni. Dan memang jika dicari di google, maka akan ditampilkan banyak sekali penjual atau pemasang behel gigi murah ini dengan harga mulai puluhan ribu rupiah. Bahkan di toko online juga banyak sekali yang menjual behel gigi murah ini.

Tapi tahukah anda bahwa penggunaan behel gigi tanpa melalui dokter gigi bisa berdampak buruk bagi gigi? Banyak sekali kejadian terkait dampak buruk tersebut, diantaranya adalah menyebabkan susunan gigi menjadi tidak rapi atau menjadi lebih maju / tonggos, menyebabkan gigi menjadi goyang dan bahkan menyebabkan perubahan bentuk rahang. Sehingga dengan dampak seperti itu otomatis bisa mengakibatkan susah menggigit ataupun mengunyah makanan.

Jika sudah mengalami dampak buruk seperti di atas, biasanya baru mau ke dokter gigi untuk mengembalikan gigi dan rahangnya seperti semula. Dan jika sudah seperti itu maka perlu mengeluarkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Alhasil bukannya mendapat keuntungan dengan bergaya, namun malah mendapat kerugian.

Saran saya sebagai dokter gigi adalah jika memang gigi sudah rapi dan tidak ada masalah, sebaiknya menghindari penggunaan behel gigi murahan tersebut. Dan jika memang sususan gigi tidak rapi dan cenderung berantakan dan tetap pingin tampil gaya, maka bisa dilakukan pemasangan behel gigi namun tetap melalui dokter gigi.

Memang untuk pemasangan behel gigi di dokter gigi tidaklah murah karena pasti membutuhkan biaya di atas 2 juta rupiah. Namun beberapa dokter gigi mau melakukan pemasangan behel gigi sebagian saja, misalnya bagian atas atau bawah saja dan tentu saja biayanya juga lebih hemat. Dan ada beberapa jenis dan merk behel gigi yang terkenal murah, dan silakan saja berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan biaya pemasangan behel gigi yang sesuai dengan budget.

Beberapa merk behel gigi yang terkenal lebih murah biasanya merupakan buatan china namun hasilnya kurang optimal, meskipun tidak ada efek buruk yang ditimbulkan seperti behel gigi murahan yang dijual puluhan ribu rupiah tadi. Alternatif kedua mungkin bisa menggunakan behel gigi dengan merk buatan korea yang harganya sedikit di atas buatan china.

Jika biaya bukan jadi masalah, maka merk yang terkenal seperti Ormco ataupun American Ortho bisa untuk dipertimbangkan dan tentu saja dipasang oleh ahlinya yaitu dokter gigi spesialis ortho.