Bahaya Minum Obat Sakit Gigi - DokterGigi.ID

Bahaya Minum Obat Sakit Gigi

sakit gigiSudah bukan rahasia lagi jika sakit gigi adalah salah satu sakit yang sangat ingin dihindari karena rasa sakit yang luar biasa dan membuat emosi. Meskipun rasanya sakit luar biasa, ternyata masih banyak orang yang takut untuk periksa giginya ke dokter gigi. Sehingga banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan minum obat sakit gigi untuk meredakan sakit gigi.

Sebenarnya obat sakit gigi yang sering diminum oleh masyarakat tersebut adalah obat pereda rasa nyeri. Jadi hanya untuk menghilangkan rasa nyeri saja dan tidak mengobati penyebab sakit giginya. Dan ketika sudah tidak terasa sakit lagi, biasanya gigi yang sakit tadi dibiarkan begitu saja dan tidak ke dokter gigi untuk diperiksa.

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk meredakan rasa nyeri sakit gigi adalah parasetamol, ibuprofen, cataflam, asam mefenamat, ponstan dll. Selain untuk pereda rasa nyeri beberapa obat tersebut juga berfungsi sebagai anti inflamasi atau atau radang.

Obat-obat tersebut tidak bisa digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Karena konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama dan tanpa resep dokter sangat berbahaya terutama bagi ginjal atau liver serta dapat menyebabkan seseorang manjadi kebal terhadap obat.

Jika yang terjadi adalah kebal terhadap obat, maka seseorang sudah tidak bisa lagi mengkonsumsi obat yang sama atau sejenis. Dan jika yang terjadi adalah kerusakan terhadap ginjal atau liver maka itu akan menjadi sebuah mimpi buruk yang harus mendapatkan penanganan secara khusus.

Oleh karena itu jika sakit gigi, segeralah ke dokter gigi untuk diperiksa. Karena sakit gigi yang berkepanjangan juga berpotensi untuk mengganggu fungsi kesehatan yang lain, misalnya jantung. Jika penyebab sakit gigi sudah diketahui, maka pastikan untuk segera mendapatkan tindakan yang tepat dari dokter gigi agar sakit gigi tidak datang lagi.

Beberapa penyebab sakit gigi dan penanganannya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya di sini. Jika masih ada yang perlu dikonsultasikan silakan hubungi dokter gigi terdekat atau hubungi kami.

0/5 (0 Reviews)
Facebook
Facebook
LinkedIn
Telegram